Teknologi

8 Teknologi Terbaru Smart Home yang Belum Diketahui Banyak Orang

Ini dia! 8 Teknologi Terbaru Smart Home yang Orang Belum Banyak Tau

Teknologi Smart Home merupakan serangkaian perangkat yang memanfaatkan Internet of Things (IoT) dengan menghubungkan sensor, Hub, dan perangkat yang  dapat dikontrol, dimonitor dan diakses dari jarak jauh.

Sebagian besar perangkat pintar memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel cerdas atau perangkat serupa, seperti hub pintar yang menghubungkan beberapa perangkat ke perangkat lain.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem rumah mereka dari jarak jauh.  Misalnya, mematikan lampu, menyesuaikan pengaturan suhu, dan sebagainya.

Hal itu dapat memungkinkan konsumen untuk menghemat energi dan uang dengan mengurangi biaya. Dan itu merupakan salah satu kelebihan rumah pintar.

Internet of Things

Internet of Things atau  IoT menghubungkan perangkat, mesin digital dan mekanik.  Mesin-mesin itu dapat mengirim informasi dan data satu sama lain melalui jaringan.

Salah satu contoh, bisa jadi trackpad tidur Anda mengirim sinyal ke lampu bahwa Anda telah bangun dan meninggalkan tempat tidur, sebagai informasi bahwa lampu harus menyala. Itu adalah beberapa contoh dari kecanggihan teknologi Smart Home.

Berikut adalah Teknologi Terbaru Smart Home dan Aplikasinya :

Konektivitas yang lebih baik

Berbagai jenis teknologi dan peralatan Smart Home tersedia di pasaran saat ini, kurangnya konektivitas antara berbagai perangkat dan sistem cerdas adalah masalah yang mendasar.  Ini secara langsung memengaruhi pengalaman pengguna dan, sebagai hasilnya akan menghambat adopsi.

Perusahaan yang merancang dan membangun IoT untuk Smart Home menerapkan pendekatan berbeda untuk menyelesaikan tantangan ini.  Salah satu tren otomatisasi rumah adalah menawarkan hub untuk perangkat terhubung yang memungkinkan kontrol dan manajemen terpusat.

Banyak perusahaan menjual hub Smart Home serbaguna yang mendukung protokol yang berbeda, termasuk Zigbee, Z-Wave, Wi-Fi, Bluetooth dan teknologi konektivitas IoT lainnya.

Di antara yang paling populer adalah Samsung SmartThings Hub, Hubitat Elevation, Wink Hub 2 dan, tentu saja, Amazon Echo, Apple HomePod dan Google Home. Ini merupakan salah satu Teknologi Terbaru Smart Home yang terbaik.

Integrasi dengan asisten suara

Integrasi dengan asisten suara adalah cara lain yang efisien untuk menyelesaikan masalah konektivitas dan menambahkan fitur kontrol suara ke gadget Smart Home.

Mengaktifkan kontrol Amazon Alexa atau Asisten Google bukan di antara tren baru dalam domain Smart Home, tetapi telah mulai berkembang pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir.  Faktanya, sekarang sulit menemukan alat atau sistem yang terhubung yang tidak dapat dikontrol oleh Alexa.

Daftar pengadopsi termasuk pencahayaan pintar seperti keluarga Philips Hue, termostat seperti Ecobee, furnitur seperti meja kopi dengan 37 ° C Smart Home, peralatan dapur seperti ChefSteps Joule, sistem keamanan seperti kamera Logitech dan kunci Yale, dan bahkan kendaraan seperti Audi dan Lexus.

Fokus pada keamanan

Menurut Statistik, keamanan akan menjadi salah satu sektor yang paling cepat berkembang di pasar Smart Home, dan sektor dengan tingkat adopsi tercepat.  Ini menjelaskan booming di antara perangkat keamanan yang terhubung, termasuk kunci pintar, bel pintu dan kamera.

Masa depan Smart Home, di mana setiap perangkat mampu mendengarkan, merekam atau menonton, juga menciptakan kondisi untuk kebutuhan mendesak tingkat keamanan tambahan.

Untuk tujuan ini, para perancang dan pengembang sistem yang terhubung menambahkan otentikasi tingkat lanjut.  Otentikasi biometrik berbasis AI untuk kunci Agustus adalah contoh yang baik.

Perusahaan lain mengembangkan hub khusus untuk mengamankan hal-hal yang terhubung.  Misalnya, Avira menawarkan router SafeThings yang memungkinkan keamanan untuk sistem pintar rumah tangga dari serangan dunia maya, mata-mata, atau gangguan lainnya. Ini merupakan salah satu Teknologi Terbaru Smart Home yang terbaik.

Loading...

Perluasan AI

Otentikasi tingkat lanjut adalah salah satu dari banyak aplikasi teknologi AI di Smart Home.  Bahkan, beberapa orang percaya bahwa tidak menambahkan kecerdasan mesin ke sistem modern adalah kesalahan besar yang mungkin merugikan posisi perusahaan atau bisnis pada umumnya.

Ini sangat relevan untuk sistem Internet of Things yang digunakan di Smart Home.  Pengoperasian IoT sebagian besar didasarkan pada analisis data sensor, dan dalam banyak kasus, penerapan pembelajaran mesin adalah cara terbaik untuk menghadapinya.

Oleh karena itu, salah satu tren teknologi Smart Home utama adalah meningkatnya penggunaan teknologi AI, baik di bagian depan maupun belakang.

Entah itu visi komputer yang memungkinkan Hub Keluarga Samsung untuk mengidentifikasi produk di lemari es dan membangun daftar belanja, atau perangkat pintar yang dikendalikan suara menggunakan mesin NLP untuk memahami ucapan, semua sistem ini menggunakan AI untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Tidak terhubung ke Jaringan Listrik

Teknologi dan aplikasi smart grid semakin populer.  Tidak lagi tergantung jaringan listrik adalah salah satu tren penting masa depan Smart Home yang menjanjikan untuk bertahan lama.

Bahkan, menjalani kehidupan yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab adalah salah satu alasan mengapa orang memilih teknologi Smart Home.

Solusi off-grid seperti Tesla Powerwall dan tenaga surya perumahan Schneider Electric menjadi lebih populer dan tersedia, sehingga Smart Home menawarkan untuk mendukung sistem ini.

Platform Manajemen Energi Lumin yang mencakup panel pintar dan analisis data dan sistem manajemen adalah contoh yang baik.  Sistem ini memberikan berbagai manfaat bagi rumah tangga seperti pemantauan konsumsi energi, penyimpanan daya terkontrol, kendali jarak jauh peralatan listrik.

Menggunakan penyimpanan Lumin, rumah tangga dapat dengan aman beroperasi dalam mode off-grid dan memiliki semua kebutuhan listrik tertutup, misalnya, dalam kasus pemadaman.

Dipasangkan dengan panel surya perumahan, sistem ini memungkinkan rumah tangga untuk terus beroperasi di luar jaringan dan secara signifikan mengurangi jejak karbon. Ini merupakan salah satu Teknologi Terbaru Smart Home yang terbaik.

Meningkatkan Fungsionalitas

Di antara tren industri Smart Home lainnya, fungsionalitas yang ditingkatkan memainkan peran penting karena memberikan adopsi teknologi baru yang lebih tinggi.

Saat ini robot vakum memiliki sistem pengenalan objek yang dipasang untuk mengidentifikasi hambatan dan fitur pemetaan ruang untuk mengenali lokasi.

Demikian pula, bel pintu seperti dari Maximus saat ini memiliki dua kamera untuk melihat orang dan paket ya ada di pintu atau oven memiliki kamera built-in yang dapat menampilkan saat memasak makanan dari aplikasi.

Fitur manajemen

Tren teknologi Smart Home mungkin berubah, tetapi yang ini, mungkin, hanya akan berkembang.  Pada awal pengembangan Smart Home, penghuni diberi tingkat dasar kendali atas peralatan yang terhubung.  Saat itu, kita bisa meredupkan cahaya menggunakan aplikasi atau menaikkan suhu meminta termostat yang diaktifkan Alexa.

Saat ini, peralatan mendapatkan tingkat manajemen baru dan beragam fitur otomatisasi rumah.  Termostat seperti Nest menggunakan AI untuk mempelajari kebiasaan dan preferensi penghuni.

Ini mengatur zona lingkungan dan menyesuaikan suhu seperti yang dibutuhkan dan mengurangi energi yang terbuang. Ini merupakan salah satu Teknologi Terbaru Smart Home yang terbaik.

Masa Depan Teknologi Smart Home

Jika kita menggabungkan semua tren, kita mendapatkan gambaran yang bagus tentang masa depan teknologi Smart Home.  Tidak lama dari sekarang, perangkat yang terhubung akan menjadi lebih mandiri dan mampu.

Mereka akan lebih sering mengandalkan ‘asumsi’ dan prediksi mereka sendiri daripada perintah manusia.  Dan dari waktu ke waktu, mereka akan belajar bagaimana berkomunikasi dan berbagi data satu sama lain untuk memberikan pengalaman pengguna yang tanpa batas kepada penghuni rumah. Ini merupakan salah satu Teknologi Terbaru Smart Home yang terbaik.

Tags

Zhavia Aurum

Seorang Blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Internet dan Blogging, suka menulis berbagai macam artikel khususnya tentang Teknologi.

Related Articles

Back to top button
Close
Close