Teknologi

Wow! Inilah 7 Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru

Wajib Tau! Begini 7 Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru 2020

Produksi atau pemrosesan makanan bisa terlihat sangat berbeda dari yang terlihat saat ini.  Digitalisasi telah mengubah pandangan kita tentang bagaimana hidup di dunia ini,  setiap bidang menjadi semakin maju dengan bantuan teknologi canggih.

Setiap industri bergantung pada perangkat keras atau dikendalikan oleh perangkat lunak. Produksi dan pemrosesan makanan juga mengalami kemajuan dalam ledakan teknologi ini.

Inovasi terbaru seperti pencetakan 3D, daging yang tumbuh di laboratorium, pertanian vertikal, dan banyak lagi hal seperti ini dapat mengubah cara kita menanam dan memproses makanan kita. 

Pertanian dan peternakan hewan bisa punah,  dasar peradaban kita bisa digantikan oleh teknologi. Produksi Makanan tidak akan pernah sama di tahun-tahun mendatang di bawah ini adalah Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru :

Pencetakan Makanan 3D – Masa depan produksi makanan

Banyak lembaga sedang mengembangkan pencetakan makanan 3D, ini adalah salah satu teknologi menarik yang sedang dikembangkan.  Teknologi ini telah membangun dari beberapa tahun terakhir karena ini bisa menjadi game-changer untuk industri makanan.

Kita dapat membangun makanan dengan menggunakan mesin pencetakan 3D, ini memungkinkan kita untuk memberikan berbagai ukuran, bentuk, dan tekstur serta rasa pada produk di masa depan.

Pencetakan 3D akan memungkinkan Anda menyesuaikan produk akhir Anda sesuai dengan kebutuhan Anda,  seperti inilah cara membuat makanan untuk diri sendiri di masa depan.

Penelitian mengatakan bahwa teknologi ini akan langsung menjadi populer di kalangan produsen makanan, pengecer dan pelanggan juga.  Ini juga akan menghilangkan limbah yang dihasilkan oleh memasak tradisional yang akan menjadi nilai tambah yang bagus dari teknologi ini. Ini merupakan salah satu Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru yang paling utama.

Pemrosesan Makanan Bertekanan Tinggi – Meningkatkan kualitas rak makanan

Ada masalah yang sedang berlangsung tentang bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas makanan di rak tanpa membahayakan kualitas dan rasa makanan;  ini telah menjadi perhatian utama bagi produsen makanan.

Teknologi baru untuk mengawetkan makanan untuk waktu yang lama sedang dikembangkan.  Inovasi seperti HPP (pemrosesan bertekanan tinggi) dapat meningkatkan kehidupan makanan di rak sebanyak 10 kali dalam waktu singkat, dan inilah yang dibutuhkan oleh industri makanan.

Ini semacam proses pasteurisasi dingin di mana makanan kemasan akan berada di bawah lingkungan bertekanan tinggi.  Ini akan menghilangkan mikroorganisme untuk memastikan keamanan makanan dan pada saat yang sama rasa, ukuran dan tekstur dan nilai gizi akan tetap sama. 

Salah satu manfaat absolut HPP adalah tidak akan ada penggunaan iradiasi atau bahan kimia apa pun. Ini merupakan salah satu Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru yang sangat penting.

Pertanian Vertikal – Solusi Modern untuk Masalah Modern

Pertanian vertikal adalah ide yang luar biasa.  Ini adalah solusi modern untuk masalah modern.  Pertanian tradisional membutuhkan lahan yang luas untuk pertanian, tetapi karena semakin banyak orang yang pindah ke kota, sulit menanam tanaman di daerah yang luas.  Kita bisa menghemat banyak area jika kita bertani ke atas.

Seorang ahli ekologi menyarankan ide ini sejak lama.  Dia bersikeras membangun menara pertanian, di mana di setiap lantai akan ada tanaman.

Gagasan ini tidak diadopsi sepenuhnya tetapi beberapa prototipe dibuat di Korea Selatan, Jepang, dan Singapura dan Chicago.

Jenis pertanian ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pertanian tradisional.  Sekarang area yang digunakan dalam pertanian akan lebih sedikit dan penanaman semusim juga dimungkinkan.

Lab-Grown Meat – Lebih baik untuk lingkungan

Penjualan daging yang tumbuh di laboratorium segera mungkin dilakukan, juga dikenal sebagai hewan Vitro atau daging bersih.  Jenis daging ini ditanam dari sel-sel batang yang dikumpulkan dengan biopsi dari hewan ternak dan setelah itu diproses di laboratorium selama beberapa hari.

Pemerhati lingkungan percaya bahwa daging vitro akan berdampak positif pada peternakan hewan.  Mereka juga percaya bahwa sebagian besar gas rumah kaca dapat berkurang hingga 90% jika teknik ini diadopsi.

Loading...

Pengembangan dalam membuat teknologi ini tersedia di pasaran dan sedang berlangsung.  Ini cukup mahal jika dibandingkan dengan cara tradisional menanam daging.

Ketika teknologi terus berkembang, efisiensi teknologi ini juga akan meningkat. Ini merupakan salah satu Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru yang terbaik.

Protein nabati – Sumber protein terbaik

Protein sangat penting untuk memelihara dan membangun otot kita;  itu juga membantu menjaga tulang kita kuat dan berfungsi otak kita.  Kurangnya asupan protein bisa berarti Anda kehilangan stamina, energi, massa otot, dan rambut Anda.

Anda juga bisa mendapatkan protein dari sumber-sumber seperti binatang, telur, dan ikan dan di banyak tanaman juga.  Banyak dari barang-barang ini kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Menumbuhkan protein nabati jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan protein hewani karena tidak berbahaya bagi lingkungan.

Contoh protein nabati adalah :

  • Buncis
  • Kacang-kacangan
  • Jelai
  • Kacang almond
  • Bayam
  • Kacang merah
  • Biji gandum
  • Kacang

Tahu dan tempe adalah makanan umum yang merupakan alternatif daging. Protein nabati memiliki keunggulan dibandingkan protein hewani tetapi juga memiliki kelemahan kecil dan seperti tidak semua nabati mengandung asam amino yang penting untuk pertumbuhan.

Dibutuhkan waktu untuk mencerna dibandingkan dengan protein hewani yang kekurangan vitamin B12. Ini merupakan salah satu Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru yang sangat bermanfaat.

Tanaman super

Dalam iklim yang semakin menantang, orang akan membutuhkan tanaman yang lebih tahan terhadap cuaca ekstrem dan juga lebih kaya nutrisi.

Ini dapat dicapai melalui pemuliaan selektif dan biofortifikasi, di mana zat gizi mikro ditambahkan ke makanan pada tahap pertanian dengan melakukan persilangan varietas tanaman standar dengan kerabat liar mereka.

Rekayasa genetika adalah pilihan lain. Para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka dapat memodifikasi tanaman secara genetis untuk membuatnya lebih tahan kekeringan.

Contoh tanaman super tersebut termasuk beras ‘scuba’, yang dapat bertahan hidup bahkan jika terendam di bawah air selama dua minggu, dan kacang yang kaya zat besi yang dapat menahan perubahan suhu sebanyak empat derajat.

Para ilmuwan memodifikasi tanaman seperti quinoa sehingga mereka dapat tumbuh subur di padang pasir yang asin dan gersang.  Tanaman seperti ini bisa menjadi transformatif di daerah-daerah seperti Afrika sub-Sahara, di mana kekurangan gizi dan kekurangan nutrisi penting.

Hal inipenting untuk mencegah penyakit dan meningkatkan fungsi kognitif. Ini merupakan salah satu Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru yang sangat penting.

Kemasan Biodegradable

Banyak perusahaan sekarang sedang mengembangkan alternatif biodegradable inovatif yang memanfaatkan produk limbah di industri makanan, seperti enam hingga delapan juta metrik ton limbah kerang yang diproduksi setiap tahun.

Para ilmuwan telah menemukan kegunaan untuk limbah ini dengan mengubah kitin dari cangkang kerang menjadi kitosan, yang berfungsi sebagai bungkus plastik biodegradable yang dapat digunakan dalam kemasan makanan. Ini merupakan salah satu Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru yang terbaik.

Demikianlah informasi tentang Teknologi Pangan dan Pengolahan Makanan Terbaru, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tags

Zhavia Aurum

Seorang Blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Internet dan Blogging, suka menulis berbagai macam artikel khususnya tentang Teknologi.

Related Articles

Back to top button
Close
Close