PC & Laptop

Cara Mengatasi Laptop Hang Beserta Penyebabnya

Laptop Sering Hang? Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Laptop Hang Beserta Penyebabnya

Cara Mengatasi Laptop Hang – Laptop sudah menjadi salah satu jenis perangkat elektronik yang cukup diminati sekarang ini.

Laptop tidak hanya digunakan oleh para pekerja kantoran saja, melainkan juga para pelajar, pengusaha rumahan, hingga kalangan biasa.

Ini karena fungsi dari perangkat laptop yang semakin fleksibel. Kehadirannya tersebut mampu memudahkan berbagai aktivitas harian para penggunanya.

Namun, yang namanya perangkat elektronik pasti ada saja masalah yang dialami, terutama jika penggunaannya sudah terbilang lama. Laptop bisa saja mengalami berbagai masalah, seperti laptop hang atau macet misalnya.

Untuk laptop yang hang seperti ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, baik itu faktor internal ataupun eksternal. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop hang tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Laptop Hang yang Paling Umum

Sangat menyebalkan tentunya saat mengoperasikan laptop, tiba-tiba mengalami hang atau macet. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, laptop hang seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun penyebab laptop hang selengkapnya, sebagai berikut:

  • Terlalu banyak aplikasi atau software yang sedang berjalan.
  • RAM penuh sehingga tidak bisa menampung data dari software yang dijalankan.
  • Terjadi overheat atau laptop terlalu panas.
  • Error pada bagian driver atau mengalami corrupt.
  • File system atau software yang corrupt.
  • Laptop terserang virus.
  • Dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasi laptop yang mengalami hang tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Hang yang Paling Ampuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop hang atau macet tersebut. Adapun langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

Melakukan Restart Laptop

Cara yang pertama untuk mengatasi laptop hang yakni dengan melakukan restart. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error pada laptop, termasuk masalah laptop hang tersebut.

Merestart perangkat laptop akan menghapus semua data sementara yang tersimpan di RAM. Sehingga RAM menjadi lega kembali dan bisa melakukan proses data secara normal.

Jika memang laptop tidak bisa dioperasikan sama sekali, maka solusi terbaiknya yakni dengan menekan tombol Power.

Tekan tombol Power atau On/Off laptop agak lama sampai laptop benar-benar mati. Diamkan beberapa saat, kemudian hidupkan lagi perangkat laptop.

Loading...

Memastikan Drive C Tidak Penuh

Drive C di laptop umumnya digunakan untuk menyimpan file sistem dari OS Windows. Saat menginstall Windows, kita bebas menentukan berapa kapasitas yang ingin digunakan untuk Drive C tersebut. Di sini Anda perlu memastikan ruang kosong di Drive C tetap lega agar performa laptop tetap apik.

Berbeda ceritanya jika ruang kosong di Drive C sudah hampir atau bahkan penuh. Performa laptop akan melambat, bahkan terjadi yang namanya hang. Karena itulah, pastikan ruang kosong di Local Drive C masih lega. Kalau perlu lakukan partisi ulang pada hardisk untuk memperbesar ruang untuk Local Drive C tersebut.

Menutup Software yang Macet

Laptop yang mengalami hang biasanya disebabkan oleh terlalu banyak software yang berjalan di dalamnya. Kalau prosesor dan RAM besar mungkin hal ini tidak begitu masalah.

Tetapi jika sebaliknya, maka jangan heran kalau laptop sering mengalami hang atau macet. Aplikasi yang dijalankan biasanya juga ikut macet sehingga tidak bisa melakukan apa-apa lagi.

Kalau sudah begini, sebaiknya Anda hentikan software yang sedang berjalan tersebut, khususnya untuk software yang not responding. Untuk caranya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda klik kanan pada bagian Task Bar.
  • Kemudian pilih opsi Start Task Manager.
  • Atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan, kemudian pilih opsi Task Manager.
  • Pada halaman Task Manager, Anda pilih software yang ingin ditutup atau dihentikan.
  • Kemudian klik tombol End Task.

Melakukan Scan Virus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, laptop hang juga bisa disebabkan oleh virus. Lakukan scan virus dan hapus dari perangkat agar masalah error tidak lagi ditemukan di perangkat laptop.

Di sini Anda bisa menginstall software antivirus di perangkat laptop. Ada banyak pilihan software antivirus untuk perangkat laptop. Adapun beberapa pilihan antivirus terbaik untuk laptop Windows, antara lain:

  • Avast Antivirus
  • ESET NOD32 Antivirus
  • Kaspersky Anti-Virus
  • Bitdefender Antivirus
  • AVG Antivirus
  • AVIRA Antivirus
  • Norton Antivirus
  • Dan lain sebagainya

Install Ulang Driver dan Software Tertentu

Laptop sering hang juga disebabkan oleh driver dan software tertentu yang corrupt. Untuk driver sendiri fungsinya sebagai penghubung perangkat keras laptop dengan sistem atau perangkat lunak.

Jika driver mengalami corrupt, tentunya perangkat tidak bisa digunakan dengan maksimal. Karena itulah, lakukan update driver agar masalah hang tersebut bisa teratasi.

Selain driver, Anda juga perlu melakukan update software ke versi terbaru agar tidak terjadi lagi hang pada laptop. Pastikan Anda mengunduh software di situs resmi agar tidak terjadi lagi masalah semacam ini.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop hang paling mudah beserta beberapa penyebabnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tags

Zhavia Aurum

Seorang Blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Internet dan Blogging, suka menulis berbagai macam artikel khususnya tentang Teknologi.
Back to top button
Close
Close