AndroidAplikasi

Cara Mengatasi Kamera HP Vivo Error Paling Ampuh

Kamera HP Vivo Error? Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Kamera HP Vivo Error Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kamera HP Vivo Error – Vivo merupakan salah satu brand smartphone yang cukup terkenal di Indonesia khususnya. Salah satu keunggulan dari HP Vivo ini sendiri yakni dari segi fitur fotografinya.

Hampir semua HP dari Vivo dibekali dengan kamera terbaik. Dengan kameranya tersebut pengguna memungkinkan untuk menghasilkan foto yang jernih dan berkualitas bagus.

Meski demikian, terkadang fitur kamera di HP Vivo ini mengalami masalah saat ingin digunakan. Salah satunya yakni kamera yang tidak bisa dibuka alias error.

Masalah kamera error seperti ini sebenarnya tidak jarang ditemukan juga di HP dari brand lain. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera HP Vivo error tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Kamera HP Vivo Error Paling Ampuh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kamera HP Vivo yang mengalami error tersebut. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

Melakukan Restart HP Vivo

Cara mengatasi kamera HP Vivo error atau tidak bisa dibuka yang pertama yakni dengan melakukan restart. Cara ini diklaim sangat ampuh dan mudah untuk dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih awam sekalipun. Cukup menekan tombol Power, kemudian pilih opsi Restart.

Tidak hanya bisa mengatasi kamera error saja, merestart HP android juga bisa mengatasi masalah error lainnya. Kinerja HP juga akan terasa lebih cepat ketika sudah dilakukan restart tersebut.

Menghapus File Cache dan Data Aplikasi Kamera

Jika cara di atas belum berhasil memperbaiki kamera Vivo yang error, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Di sini Anda perlu melakukan penghapusan file cache atau file sampah dari apliaksi kamera tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama Anda masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Kemudian pilih opsi Setelan Tambahan dan klik pada opsi Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan klik pada aplikasi kamera bawaan Vivo.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache.

Sekarang Anda bisa mencoba menjalankan aplikasi kamera Vivo kembali. Apakah masih mengalami error? Kalau masih, maka bisa dilanjut dengan menghapus data aplikasi kamera. Pada halaman yang sama seperti menghapus cache di atas, Anda klik tombol Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Loading...

Melakukan Update OS Android

Kamera HP Vivo yang error mungkin disebabkan oleh OS Android yang sudah tidak support dengannya. Sama seperti vendor HP android lainnya, Vivo juga cukup sering melakukan update OS Android pada perangkat smartphone besutannya. Jika memang ada update versi OS Android terbaru, sebaiknya langsung Anda lakukan update OS tersebut.

Update OS Android ke versi terbaru bertujuan untuk memaksimalkan fungsinya. Selain itu, ini juga bertujuan untuk mengatasi bug atau error yang sering terjadi di versi OS Android sebelumnya. Anda bisa melakukan pengecekan apakah memang sudah tersedia update OS Android versi baru atau tidak melalui menu Pengaturan di HP Vivo.

Menginstall Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Mungkin saja yang bermasalah memang kamera bawaan di HP Vivo tersebut. Kalau sudah begini, salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggantinya dengan aplikasi kamera lain. Di sini Anda bisa mengunduh aplikasi kamera melalui Google Play Store.

Ada banyak sekali pilihan aplikasi kamera pihak ketiga untuk android, hampir semuanya tersedia secara gratis. Beberapa pilihan aplikasi kamera untuk android terbaik, antara lain:

  • Open Camera by Mark Harman
  • Kamera Google by Google LLC
  • Camera 360 by PinGuo Inc
  • Camera MX by MAGIX
  • FaceU by Bytedance Pte Ltd
  • Dan lain sebagainya

Melakukan Factory Reset

Dan cara mengatasi kamera HP Vivo error yang trakhir yakni dengan melakukan factory reset. Factory reset berarti akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, di mana semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara pemanen. Termasuk juga aplikasi yang sudah Anda install di perangkat HP Vivo tersebut.

Karena itulah, sebelum melakukannya sebaiknya Anda lakukan backup data terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah factory reset HP Vivo selengkapnya, yakni:

  • Pastikan HP Vivo dalam keadaan mati atau nonaktif.
  • Kalau sudah, sekarang tekan tombol Power + Home + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Lepaskan tekanan pada ketiga tombol jika sudah ada getaran dan muncul tampilan di layar.
  • Masuk ke Recovery Mode, kemudian pilih opsi Wipe Cache Partition. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Jika sudah, sekarang Anda pilih opsi Reebot System Now.

Sekarang HP Vivo sudah berhasil difactory reset, dan HP akan kembali seperti baru pertama kali membelinya.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kamera HP Vivo error atau tidak bisa dibuka yang paling mudah dan efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tags

Zhavia Aurum

Seorang Blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Internet dan Blogging, suka menulis berbagai macam artikel khususnya tentang Teknologi.

Related Articles

Back to top button
Close
Close