Internet

Cara Copy Teks yang Tidak Bisa Dicopy Pada Situs atau Website

Jangan Bingung! Begini Cara Copy Teks yang Tidak Bisa Dicopy Pada Situs atau Website

Cara Copy Teks yang Tidak Bisa Dicopy – Sebagai salah satu cara pencegahan pencurian karya tulisan di situs, pemilik situs biasanya akan mengunci halamannya sehingga tidak bisa dicopy.

Teks yang terlampir di sebuah situs atau website tersebut sama sekali tidak bisa diblok untuk nantinya dicopy-paste atau tindakan lainnya.

Hal ini membuat kita tidak bisa menseleksi text, bahkan kadang klik kanan pun tidak bisa dan ada pesan dari pengelola website bahwa pengunjung tidak diperkenankan untuk klik kanan website tersebut.

Kejadian ini kadang cukup menjengkelkan ketika kita berselancar di Internet dan perlu mencuplik beberapa teks pada website tersebut namun malah tidak bisa dilakukan.

Tetapi jangan khawatir, berkat semakin canggihnya teknologi sekarang ini memudahkan kita untuk meng-copy-paste teks di website sekalipun sudah dilindungi. Tetapi yang perlu diingat, sebaiknya gunakan cara ini dengan bijak.

Jangan asal meng-copy-paste artikel dari situs lain di situs pribadi Anda. Jika memang ingin meng-copy-paste, pastikan Anda mencantumkan URL dari website tersebut.

Adapun cara copy teks yang tidak bisa dicopy di situs atau website selengkapnya, bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Copy Teks yang Tidak Bisa Dicopy Pada Situs atau Website

1. Mematikan Javascript

Cara menembus CSS Anti Copas di situs paling mudah yang pertama yakni dengan menonaktifkan javascript. Javascript di browser punya andil penting untuk memuluskan fungsi dari fitur anti copas di sebuah website tersebut. Karena itulah, jika javascript dinonaktifkan, maka Anda bisa lebih leluasa melakukan copy-paste teks di website.

Untuk mematikan javasript di Google Chrome selengkapnya, yakni:

Loading...
  • Langkah yang pertama Anda masuk ke halaman Javascript dengan mengunjungi url ini >> chrome://settings/content/javascript
  • Pada halaman tersebut Anda klik tombol Tambahkan pada bagian Blokir.
  • Sekarang Anda masukkan alamat situs atau website yang ingin Anda copy teksnya.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Tambahkan.
  • Sekarang kunjungi situs yang tidak bisa dicopy-paster tersebut.

2. Menggunakan Ekstensi Browser Khusus

Alternatif lain untuk mengcopy-paste teks di situs yang tidak bisa dicopy yakni dengan menggunakan ekstensi khusus.

Ekstensi yang dimaksud tersebut yakni Absolute Enable Right Click & Copy yang bisa Anda tambahkan ke browser Google Chrome. Ekstensi Chrome ini sendiri akan membantu Anda untuk menonaktifkan fitur Anti Copas di sebuah website.

Mengenai cara menggunakan ektensi Absolute Enable Right Click & Copydi browser Chrome tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda kunjungi halaman ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy di Google Webstore. Untuk lebih mudahnya Anda klik LINK INI. https://chrome.google.com/webstore/detail/absolute-enable-right-cli/jdocbkpgdakpekjlhemmfcncgdjeiika
  • Klik tombol Tambahkan ke Chrome, maka proses pemasangan ekstensi akan dimulai.
  • Selanjutnya Anda tidak mengaktifkan ekstensi tersebut.
  • Kalau sudah, kunjungi situs yang tidak bisa dicopy sebelumnya. Sekarang dengan diaktifkannya ekstensi ini, maka akan membuat situs tersebut sudah bisa dicopy-paste.

3. Mengubah Website ke Versi AMP

Hampir semua situs atau website sekarang ini menerapkan versi AMP di dalamnya. AMP ini sendiri fungsi utamanya yakni untuk menyederhanakan tampilan halaman dari sebuah website. Dengan demikian, saat diakses halaman website tersebut akan lebih ringan dan loadingnya sangat cepat.

Mengubah situs ke versi AMP akan menonaktifkan berbagai fitur grafisnya, termasuk juga Javascript. Dengan demikian, fitur Anti Copas di website tersebut akan ikut dinonaktifkan dan Anda bisa lebih leluasa melakukan copy-paste. Mengenai langkah-langkah mengubah website ke versi AMP selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda kunjungi situs yang tidak bisa dicopy-paste tadi.
  • Pada bagian link urlnya, Anda tambahkan kata amp di bagian belakangnya. Misalnya link website yang ingin Anda kunjungi “https://situsanticopas.com/”, maka menjadi “https://situsanticopas.com/amp”.
  • Pada tampilan versi AMP tersebut Anda sudah bisa melakukan copas dengan mudah.

Meskipun mudah, sayangnya cara ketiga ini hanya bisa Anda terapkan pada beberapa situs yang menggunakan versi AMP saja.

Itulah tadi beberapa cara copy teks yang tidak bisa dicopy pada sebuah website paling mudah dan praktis. Semoga informasi di atas membantu.

Tags

Zhavia Aurum

Seorang Blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Internet dan Blogging, suka menulis berbagai macam artikel khususnya tentang Teknologi.

Related Articles

Back to top button
Close
Close